Program Kegiatan

  1. A. Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal

Program pengembangan PNFI di Kabupaten Klungkung dalam usaha mempercepat pemberantasan buta aksara maupun buta huruf dan peningkatan sumber daya manusia melalui keterampilan, UPT SKB Klungkung telah secara kreatif maupun inovatif semua program yang dilaksanakan dilapangan sesuai dengan kebutuhan daripada masyarakat sehingga program yang dituangkan kepada masyarakat diterima karena sudah sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk mengembangkan akses PNFI tersebut, UPT SKB Klungkung selalu mengupayakan terobosan dan untuk tercapainya dan terlaksananya program tersebut. Adapun beberapa hal yang dilaksanakan dalam mengakses program tersebut yaitu dengan beberapa metode diantaranya :

a.     Pola / Sistem Block

b.     Pola / Sistem Jemput Pola

c.     Pola / Sistem Terpadu

Dengan menggunakan pola tersebut sehingga semua program UPT SKB Klungkung benar- benar menyentuh sasaran, sehingga semua yang dilaksanakan menjadi peningkatan kerjasama masyarakat serta mengurangi pengangguran.

Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam menyikapi Program PNFI melalui beberapa jalur :

  1. a. Program Jangka Pendek

Dalam program jangka pendek UPT SKB Klungkung melaksanakan beberapa langkah-langkah antara lain :

–        Mengoptimalkan semua karyawan UPT. SKB Klungkung tentang tugas pokoknya

–        Mengoptimalkan pelayanan UPT. SKB Klungkung terhadap masyarakat

–        Mengadakan sosialisasi, kerjasama dengan instansi terkait

–        Melakukan inventarisasi terhadap sarana gedung UPT SKB Klungkung

–        Mengadakan program yang menjadi mendesak sebagai program prioritas

  1. b. Sasaran FNFI

1.   PAUD

Program PAUD di Kabupaten Klungkung dilaksanakan dimasing-masing Banjar dan sekolah yang sesuai dengan potensi dan kondisi Desa di masing-masing Kecamatan. Program PAUD di Kabupaten Klungkung sejumlah 97 Lembaga Paud dan dengan jumlah Tutor sebanyak 260 orang,  khususnya yang dilaksanakan oleh UPT SKB Klungkung , Kabupaten Klungkung, sebanyak 25 lembaga dengan sasaran 50 orang tutor melalui biaya APBD II Klugkung.n

2.    KF (Keaksaraan Fungsional)

KF yang sedang dilaksanakan adalah KF Dasar dan KF Mandiri yang tersebar dibeberapa desa dimana umur peserta didik rata-rata diatas Wajar yaitu umur 15 tahun keatas.

3.            Program Kesetaraan

1.   Paket A, samapai saat ini memang perkembangannya berkurang disebabkan tidak ada anak-anak yang Droupt Out tingkat SD.

2.            Paket B, tersebar diseluruh kecamatan se-Kabupaten Klungkung namun umur dari peserta didik sudah diatas Wajar yaitu berkisar 20 tahun keatas, hal ini disebabkan karena kesibukan membantu orang tua atau kurangnya ekonomi keluarga.

3.            Paket C, Program Paket C sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Klungkung karena banyak warga masyarakat umur 20-44 tahun yang belum mengenyam pendidikan di SMA atau SLTA. Sampai saat ini program paket C sudah diselenggarakan di Kecamatan Dawan, Klungkung dan Kecamatan Banjarangkan dengan Dana yang sangat minim. Sumber dana Paket C adalah  APBD Tingkat II namun sangat minim, sehingga dibantu dengan swadaya peserta didik.

4.            Keterampilan Fungsional

Keterampilan yang diselenggarakan adalah mengarah pada pengolahan dan peningkatan potensi lokal yang dibutuhkan oleh pasar dengan sasaran masyarakat atau pemuda yang belum memiiliki pekerjaan. Dengan pemberian keterampilan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dirinya dibidang pengetahuan dan keterampilan yang dapat menghasilkan uang sehingga mampu berdaya saing dimasyarakat.

  1. Keterampilan SATPAM
  2. Keterampilan Tata Rias Pengantin Bali
  3. Keterampilan Patung Beton
  4. Keterampilan Membuat Ingka
  5. Keterampilan Beternak Babi
  6. Keterampilan Devirifikasi Uang Kepeng
  7. Keterampilan Membuat Bokor dari Batok Pohon Kelapa
  8. Keterampilan Tenun Endek
  9. Keterampilan Ukir Kayu
  10. Keterampilan Bidang Montir
  11. Keterampilan Perak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: